Tips Menghemat Baterai Smartphone

Masih tentang masalah seputar baterai ponsel pintar atau smartphone, seperti yang telah dibahas sebelumnya mengenai Bagaimana Cara Agar Baterai Smartphone Awet, Cara Lain Agar Baterai Ponsel Tahan Lama dan Cara Menonaktifkan Aplikasi Penguras Daya Baterai Smartphone. Kali ini yang akan dibahas adalah tentang Tips Menghemat Baterai Smartphone.

Karena baterai adalah salah satu komponen vital dalam sebuah perangkat smartphone, maka kita sebagai penggunanya harus sebisa mungkin untuk meminimalisir hal-hal yang dapat membuat baterai cepat boros. Sehingga baterai smartphone bisa sedikit awet dan tahan lama.

Cara Menghemat Baterai Smartphone

Borosnya baterai smartphone tentunya akan menghambat kerja fitur-fitur ponsel pintar itu sendiri dan pastinya juga berpengaruh besar pada aktifitas mobile pengguna. Lalu, bagaimana cara untuk menghemat baterai smartphone tersebut? Silahkan simak beberapa tips berikut ini.

Gunakan Latar Belakang Berwarna Gelap
Jika ponsel menggunakan layar AMOLED, gunakan latar belakang berwarna gelap, sebab layar AMOLED hanya menerangi warna piksel. Semakin gelap layar yang digunakan maka akan semakin berkurang penggunaan baterai.

Hindari Penggunaan Auto-Darkness
Jangan menggunakan layar auto-brightness, lebih baik menggunakan mode manual untuk mengatur tingkat kecerahan. Cara ini merupakan salah satu hal utama untuk meningkatkan daya tahan baterai, mengingat layar merupakan salah satu penyerap terbesar baterai.

Nonaktifkan Vibrate
Sebenarnya vibrate membutuhkan banyak kekuatan untuk menggetarkan ponsel dibanding hanya menggunakan dering. Hal ini menjadikan fitur vibrate menjadi salah satu penyebab boros baterai.

Hidupkan Sleep Mode
Set sleep mode atau blocking mode untuk menonaktifkan WiFi dan data mobile saat tidak dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat mengatur telefon menggunakan airplane mode ketika sedang tidur atau menggunakan sleep mode dan blocking modes untuk mengatur batasan ponsel.

Nonaktifkan Fitur Pintar
Nonaktifkan fitur pintar seperti air gestures dan smart scrolling. Kecuali, jika fitur itu dihidupkan setiap hari dan tidak membutuhkan banyak daya.

Widgets
Hindari penggunaan widgets yang tidak perlu, terutama yang terhubung dengan internet, seperti weather widgets.

Itulah beberapa cara agar baterai smartphone hemat dan tidak boros, semoga bermanfaat.

Source: Androidpit

No comments:
Write komentar