Persaingan Aplikasi Instant Messaging

Persaingan aplikasi instant messanging kelihatannya akan semakin ketat saja, setelah suksesnya BlackBerry meluncurkan aplikasi chatting BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dan iOS.

Kehadiran BBM di Android dan iOS tentu membuat para pendahulunya seperti Whatsapp, LINE, WeChat, dan KakaoTalk tak akan tinggal diam. Dengan penampilan yang beragam baik warna, inovatif, kreatif dan fresh, mereka siap bersaing.

Persaingan Aplikasi Instant Messanging

Adapun keunggulan yang menjadi andalan BlackBerry Messenger, salah satunya adalah notifikasi D dan R pada setiap pesan yang dikirim. Selain itu juga, faktor keamanan berupa PIN ketika ingin jadi teman di kontak BBM menjadi kelebihan lainnya.

Berbeda pada Whatsapp, LINE, atau KakaoTalk yang bisa terintegrasi secara otomatis hanya dengan nomor telefon yang tersimpan di buku kontak.

Pendek kata, semua aplikasi instant messanging tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, siapakah yang akan memenangkan persaingan di kedua platform raksasa dunia (Android dan iOS) itu?

Menurut Agus Hamonangan, Founder Indonesian Android Community (ID-ANDROID), yang nantinya keluar sebagai pemenang dalam persaingan aplikasi instant messanging adalah yang benar-benar nyaman digunakan user, memiliki berbagai macam fitur, dan yang terpenting aplikasi itu bisa berjalan dengan sempurna bebas hambatan seperti delay akibat maintenance.

No comments:
Write komentar